Sabtu, 21 Mei 2011

Apa itu Organisasi?

Organisasi berasal dari kata organ. Menurut kamus besar bahasa indonesia organ adalah alat yang mempunyai tugas tertentu di dalam tubuh manusia(binatang dsb). Sedangkan organisasi menurut kamus besar bahasa indonesia adalah kesatuan (susunan dsb) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dalam perkumpulan dan sebgainya untuk tujuan tertentu.

“Organisasi adalah tempat interaksi manusia untuk mencapai tujuannya.”

Organisasi adalah wadah / tempat interaksi manusia untuk mencapai tujuannya. SDM mempunyai peranan yang sangat penting,sentral dalam suatu organisasi. Tanpa SDM yang profesional, sasaran kerja tidak dapat dicapai walaupun alat kerjanya sangat canggih. SDM mempunyai peranan yang sangat penting,sentral dalam suatu organisasi. Tanpa SDM yang profesional, sasaran kerja / tujuan tidak dapat dicapai.

Banyak sekali organisasi-organisasi yang terdapat di indonesia. Organisasi dapat di bedakan menjadi 2 yaitu organisasi pemerintah & non pemerintah. Organisasi pemerintah adalah suatu lembaga yang anggotanya terdiri atas perutusan pemerintah resmi sedangkan organisasi non pemerintah adalah persekutuan antar lembaga non pemerintah atau swasta yang mengabdikan diri di dalam bidang agama, ilmu pengetahuan, kebudayaan, kemanusiaan, dan sebagainya baik yang berorientasi teknik maupun ekonomi.

Sumber:

- Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka

- Buku sakti J “Manajemen Sumber Daya Manusia Abad 21”

karya Dr.Darsono P. SE. SF. MA. MM & Tjatjuk Siswandoko SE. MM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar